Anda bisa mengajukan pertanyaan matematika di sini!

Penulisan Kalimat Matematis dengan Latex

Pada tulisan yang pertama ini di F-MATH, penting untuk admin bahas bagaimana Penulisan Kalimat Matematis dengan Latex yang akan Anda gunakan nantinya di Forum Tanya Jawab kita sehingga memudahkan bagi para pembaca lainnya.

 

Apa yang akan kita pelajari ini, merupakan hal-hal yang dasar saja yang akan sering kita gunakan. Silahkan untuk mencari referensi lain yang lebih lengkap. Dengan mempelajari hal ini, diharapkan Anda dapat menulis simbol, persamaan, fungsi-fungsi atau ekspresi matematika sederhana.

 

Ada banyak kode latex yang tidak mungkin kita hapal semuanya. Sebagian saja, kita usahakan untuk menghapalnya. Admin juga sedikit menghapalkannya kok. Minimal kode-kode yang sering digunakan saja. Yang terpenting di sini adalah Anda mampu memahami bagaimana menulis kode latex dan menampilkannya.

 

Dalam menulis kode latex, kita harus betul-betul memeriksa apakah tidak terdapat kesalahan. Sekalipun, kesalahan itu berupa ada atau tidak adanya spasi antar huruf, karakter, atau antar kode, karena jika terjadi kesalahan itu maka hasil dari penulisan kode latex kita akan error sehingga tidak bisa ditampilkan.

 

Cara menampilkan kode latex dalam web ini ada tiga cara, pertama mengapit kode latex di antara $*latex dan $. Kedua, mengapit kode latex di antara [*latex] dan [/*latex]. Admin menyisipkan tanda * agar kode latexnya tidak bekerja. Ketiga, mengapitnya di antara $ sebanyak dua kali. Ada perbedaan dari kedunya, yaitu jika menggunakan $*latex  dan [*latex] maka tampilan dari kode latexnya menyatu dengan kalimat (inline) sedangkan jika menggunakan $ dua kali maka tampilan kode latexnya berada di baris baru.

 

Menulis Persamaan atau Kesamaan Matematika dengan Latex
 

Untuk menulis persamaan atau kesamaan matematika yang panjang yang terdiri dari lebih dari satu simbol sama dengan, biasanya admin gunakan kode berikut ini dimana antar simbol sama dengan itu disejajarkan.

 

Contoh tanpa tanda bintang:

\*begin{align}
\lim_{x \to 1} x^2 – \sqrt{x} + \frac{1}{x} &= (1)^2 – \sqrt{(1)} + \frac{1}{(1)} \\ &= 1 – 1 + 1 \\ &=1
\*end{align}

 

Output 1 dengan menggunakan tag [*latex]

 

\(  \begin{align}
\lim_{x \to 1} x^2 – \sqrt{x} + \frac{1}{x} &= (1)^2 – \sqrt{(1)} + \frac{1}{(1)} \\ &= 1 – 1 + 1 \\ &=1
\end{align} \)

 

Output 2 dengan menggunakan tag $ sebanyak dua kali

 

$$ \begin{align}
\lim_{x \to 1} x^2 – \sqrt{x} + \frac{1}{x} &= (1)^2 – \sqrt{(1)} + \frac{1}{(1)} \\ &= 1 – 1 + 1 \\ &=1
\end{align} $$

 

Anda jangan memakai $*latex jika akan menggunakan \*begin{align} dan \*end{align} karena kode latex bisa  juga ditampilkan dengan hanya diapit oleh \*begin{align} dan \*end{align}, sehingga jika Anda memakai $*latex maka akan tampil seperti di bawah ini.

 

$latex \begin{align}
\lim_{x \to 1} x^2 – \sqrt{x} + \frac{1}{x} &= (1)^2 – \sqrt{(1)} + \frac{1}{(1)} \\ &= 1 – 1 + 1 \\ &=1
\end{align} $

 

Perlu Anda ingat bahwa spasi di dalam penulis kode latex adalah bagian dari kode. Jika Anda lupa memberi spasi maka kode latexnya tidak akan bekerja. Misalnya, menuliskan \ begin atau \begin {align} adalah keliru karena tidak boleh ada spasi di situ. Sama halnya ketika Anda mencoba membuat baris baru dengan kode \\ tetapi Anda memberi spasi menjadi \ \ maka hasilnya berupa spasi dua ketukan bukan merupakan baris baru yang Anda inginkan.

 

Pada contoh penulisan kode latex di atas, Anda telah tahu bahwa \lim_{x \to 1} digunakan untuk penulisan \(\lim_{x \to 1}\), x^2 untuk penulisan \(x^2\), \frac{a}{b} untuk penulisan \(\frac{a}{b} \), dan \sqrt{x} untuk penulisan \(\sqrt{x} \) sedangkan & itu kode untuk memulai dimana nantinya awal baris kedua akan dimulai sehingga admin letakkan di samping kiri simbol sama dengan (=) agar semua simbol sama dengan itu sejajar.

 

Kode Latex yang perlu Anda ketahui bisa Anda searching di DI-SINI. Banyak yang sudah mengulasnya. Semoga pembahasan singkat ini bermanfaat bagi Anda untuk belajar lebih lanjut tentang Kode Latex.

Tinggalkan Balasan